Berita Terkait 2012
Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang Raih Penghargaan Energi Pratama 2012 PDF Print E-mail

Jakarta - Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang meraih penghargaan Energi Pratama, kategori perusahaan nasional pada acara Penghargaan Energi ke-2 Tahun 2012 di Jakarta, Jumat (12/10). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Jero Wacik kepada General Manager Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang Tavip Dwikorianto.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya, Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Slamet Riyady dan seluruh undangan.

Menurut Menteri ESDM Jero Wacik, Penghargaan Energi ini dapat mendorong peran aktif masayarkat Indonesia, sehingga menyadari akan pentingnya kemandirian energi dalam rangka membangun ketahanna energi nasional melalui konservasi energi dan diversifikasi energi, khususnya dalam pengelolaan energy yang berkelanjutan.

Sementara itu, General manager Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang Tavip Dwikorianto mengatakan penghargaan yang diberikan ini berdasarkan atas berhasilnya Area Kamojang melakukan efisiensi penggunaan energy. Menurutnya, sudah 30 tahun Kamojang menggunakan energy geothermal untuk listrik khususnya listrik bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, lanjut Tavip, Kamojang telah menerapkan efisiensi penggunaan energy untuk yang lain, misalnya sumur pompa yang tadinya menggunakan solar sebagai bahan bakar, sekarang menggunakan listrik yang dihasilkan sendiri dari geothermal. "Jadi PLTP 60 MW yang dihasilkan, sebagian listriknya digunakan untuk keperluan internal," ungkapnya.

"Ada lagi inovasi yang dilakukan Area Kamojang, yakni memanfaatkan uap (steam) untuk mesin pemotong rumput. Sebelumnya, mesin tersebut menggunakan bahan bakar minyak, sekarang menggunakan uap," tandas Tavip.

 

 
Bantul Raih Penghargaan Energi Prabawa 2012 PDF Print E-mail

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, di Hotel The Dharmawangsa Jakarta, Jumat (12/11) malam.

JAKARTA (KRjogja.com) - Kincir angin di sepanjang pantai selatan Bantul mengantarkan kabupaten ini memperoleh Penghargaan Energi Prabawa 2012. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik dan diterima langsung Bupati Bantul Sri Surya Widati di Hotel The Dharmawangsa Jakarta, Jumat (12/11) malam.

Penghargaan Energi 2012, merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah untuk menghargai jasa perorangan, kelompok masyarakat, perusahaan maupun pemerintah daerah, yang berjasa dalam melaksanakan kegiatan usaha serta pengembangan, penyediaan dan pemanfataan energi dengan prinsip konservasi dan dirversifikasi serta hemat energi. “Hal ini  untuk mendorong peran aktif masyarakat pemangku kepentingan untuk melakukan diversifikasi, konservasi dan budaya hemat energi,” kata Jero Wacik.

 

 
Pertamina Raih Penghargaan Energi PDF Print E-mail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Geothermal Energi Area Kamojang mendapatkan penghargaan energi.

Penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut diberikan atas jasa aktif perusahaan tersebut melakukan diversifikasi, konservasi dan hemat energi.

Menurut Menteri ESDM, Jero Wacik, Pertamina meraih penghargaan dalam kategori perusahaan nasional penerima energi pratama. "Karena itu kita hargai, kita berikanlah penghargaan ini," katanya, Jumat (12/10) malam.

Bersama Pertamina turut pula mendapat penghargaan PT Perkebunan Nusantara IV. Ada pula Star Energy Geothermal Wayang Windu.

Untuk kategori perusahaan daerah penghargaan diberikan kepada CV Cihanjuang Inti Teknik, CV Qaryah Thayibbah dan PT Swen Inovasi Transfer. Semuanya bergerak di bidang pemanfaatan energi terbarukan.

 

 
Menteri ESDM Serahkan Penghargaan Energi Pratama Ke Pertamina Geothermal Energy –Kamojang. PDF Print E-mail

Jakarta, (Wartajakarta.com)—Menteri ESDM Jero Wacik memberikan Penghargaan Energi tahun 2012. Acara penghargaan Energi 2012 merupakan rangkaian hari jadi Pertambangan dan Energi ke 67, yang dihadiri dari lingkungan kementerian ESDM, kepala daerah, Kepala Dinas ESDM , Perguruan tinggi, dan pemgnku keperingan di sektor ESDM.

Penghargaan Energi 2012, merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah untuk menghargai jasa perorangan, kelompok masyarakat, Perusahaan dan pemerintah daerah, yang berjasa dalam melaksanakan kegiatan usaha dan pengembangan , penyediaan dan pemanfataan energi dengan prinsip konservasi dan dirversifikasi serta hemat energi yang menghasilkan produk nyata secara fisik sebagai hasil inovasi dan pengembangan teknologi baru.

Pemberian Penghargaan Energi 2012, yang dilaksankan Jumat, 12/10/12 malam, bertempat di The Darmawangsa Jakarta, dimaksudkan untuk mendorong peran aktif masyarakat pemangku kepentingan untuk melakukan diversifikasi, konservasi dan budaya henat energi serta menciptakan inovasi pengembangan sektor ESDM, sekaligus memicu dan memasyarakatnya budaya hemat energi serta penggunaan energi baru terbarukan, ujar menteri ESDM Jero Wacik.

 

 
Jadikan Air Menjadi Listrik ,Gayo Lues Dapat Prabawa Dari Menteri ESDM PDF Print E-mail

 

Pipa saluran air menuju turbin dinamo listrik di desa Marpunge,Kec.Putri Betung sudah terpasang tidak lama lagi warga Desa ini sudah terang benderang karena adanya listrik.

Jakarta,Alabaspos.com-Kabupaten Gayo Lues merupakan salah satu Daerah yang memperoleh penghargaan dari Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik,di Hotel Dharma Wangsa jumat malam 12/10/2012,dalam bidang Energi Prabawa (terbarukan)penghargaan itu langsung diterima oleh Bupati Gayo Lues Ibnu Hasim.

Kegiatan Penghargaan Energi tahun 2012 merupakan pelaksanaan dari Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 04 Tahun 2011 tanggal 24 Februari 2011 Tentang Penghargaan Energi. Penghargaan Energi terdiri atas 3 (tiga) jenis yaitu Penghargaan Energi Prakarsa yang diberikan kepada perseorangan dan  kelompok masyarakat; Penghargaan Energi Pratama yang diberikan kepada perusahaan nasional/daerah atau asing; dan penghargaan energi prabawa, yang diberikan kepada Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Bentuk apresiasi yang diberikan kepada Penerima Penghargaan Energi adalah Piala dan Piagam Penghargaan Energi dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atas nama Pemerintah.

 

 
<< Start < Prev 1 2 Next > End >>

Page 1 of 2